Wednesday, June 11, 2008

AUDIT SYARIAH DENGAN KERANGKA BALANCE SCORECARD

Abstraksi

Makna kepatuhan syariah dalam bank syariah adalah penerapan prinsip – prinsip Islam, syariah, dan tradisinya ke dalam transaksi keuangan perbankan secara konsisten, dan menjadikan syariah sebagai kerangka kerja bagi sistem dan keuangan bank syariah dalam alokasi sumberdaya, manajemen, produksi, aktivitas pasar modal, dan distribusi kekayaan. Sehingga kepatuhan syariah dalam operasional bank seharusnya meliputi produk, sistem, teknik, dan identitas perusahaan bukan hanya produk saja, sehingga budaya perusahaan, yang meliputi pakaian, dekorasi, dan imej perusahaan, juga merupakan salah satu aspek kepatuhan syariah dalam bank syariah yang bertujuan untuk menciptakan suatu moralitas dan spiritualitas kolektif yang apabila digabungkan dengan produksi barang dan jasa akan menopang kemajuan dan pertumbuhan jalan hidup yang Islami.
Audit syariah merupakan pengujian kepatuhan syariah secara menyeluruh terhadap aktivitas bank syariah. Tujuan utama audit syariah adalah untuk memastikan kesesuaian seluruh operasional bank dengan prinsip dan aturan syariah yang digunakan sebagai pedoman bagi manajemen dalam mengoperasikan bank syariah. Sehingga dengan dilakukan audit syariah diharapkan semua aktivitas dan produk bank syariah dapat dipastikan sesuai dengan aturan dan prinsip syariah Islam. Tetapi dalam prakteknya audit syariah seringkali dilakukan hanya sebatas pada pengujian kesesuaian produk bank syariah dengan prinsip dan aturan syariah yang ada, sedangkan aspek operasional bank yang lain terabaikan. Akibatnya tujuan utama pelaksanaan audit syariah tidak tercapai sehingga kebutuhan stakeholder bank syariah atas jaminan kepatuhan syariah menjadi minimalis. Hal tersebut terjadi karena belum ada kerangka kerja yang menjadi acuan pelaksanaan audit syariah secara komprehensif.
Balance scorecard sebagai salah satu alat manajemen kontemporer untuk menilai kinerja manajemen secara komprehensif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif menjadi kerangka kerja pelaksanaan audit syariah pada bank syariah. Audit syariah dengan kerangka balance scorecard akan bersifat penilaian kepatuhan syariah secara menyeluruh bukan hanya pada aspek produk (finansial) saja tetapi juga aspek non produk (non finansial). Balace scorecard sebagai kerangka kerja pelaksanaan audit syariah pada bank syariah akan menjadikan pelaksanaan audit syariah bersifat komprehensif yang akan mampu memberikan gambaran secara menyeluruh atas kepatuhan manajemen terhadap prinsip dan aturan syariah.


Keywords : audit syariah, balance scorecard

10 comments:

Unknown said...

aslm

mas yogi,
salam kenal!

tertarik nich mas
dengan pembahasan "auditing syariah"

ada gak materi/pembahasan/karya tulis yang komprehensif membahas auditing syariah...

klu ada, boleh minta bahannya ga?


hanief
mahasiswa semester VII
FEUI Depok
zoelzul@yahoo.com

Unknown said...

Mas,abstraksi tersebut merupakan makalah saya yang saya presentasikan di IBAF 2008 yang diselenggarakan oleh USIM pada bulan Juli kemarin di Kuala Lumpur, jika ingin bisa hubungi japri ke saya ke mujahidmuda21@yahoo.com, ada beberapa materi yang saya miliki tentang audit syariah

Anonymous said...

Assalamu'alaikum wr.wb
ana sekarang dalam rangka skripsi dgn tema audit. ana pengen banget ngangkat masalah audit masjid. antum punya materi ato bahan yang berkaitan dengan itu g?
afwan dan jazakallah khairan katsir atas bantuannya.

Unknown said...

Mbak Ranita, jika anda pingin mengangkat tema audit masjid maka harus spesifik dulu mau audit apanya ? audit laporan keuangan/finansial? atau audit manajemen ? Menurut saya tema yang bisa/memungkin di angkat dalam seputar masjid adalah tentang keandalan informasi keuangan yang dihasilkan oleh PSAK 45 yang digunakan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan masjid yaitu sejauh mana PSAK 45 tersebut dapat memberikan informasi kepada stakeholder tentang pengungkapan sumber-sumber yang halal dan yang haram (kepatuhan syariah), atau bisa juga mengangkat tema audit manajemen masjid dengan pendekatan balance score cards untuk menguji sejauh mana manajemen masjid dapat memberikan pelayanan yang excelen kepada para jamaahnya. Untuk bahannya bisa dikaji mulai dari peran dan fungsi masjid dari zaman Rasulullah, sahabat, khilafah, dan zaman modern saat ini, UU yayasan, PSAK 45, audit manajemen, balanced score cards....mungkin itu semoga membantu, jika masih belum puas bisa menghubungi saya via japri di mujahidmuda21@yahoo.com

Unknown said...

salam mas..

saya melisa.

saya juga tertarik dengan pembahasan auditing syariah sebagai bahan penyusunan skripsi...

boleh minta pembahasan/karya tulis g sebagai bahan pegangan... kirim k email saya:
ephine_mel@yahoo.com

klo bisa secepatnya ya mas..

trims ya..

Unknown said...

salam kenal...

saya tertarik dengan pembahasan mengenai audit syariah pada perbankan..

ada ga bahan yang komprehensif membahas audit syariah pada perbankan syariah?

zeno
mahasiswa

Unknown said...

Assalamua'alaikum Mas.

Mas saya boleh minta file tentang balance scorecard audit syariah dan file-file lain yang berhubungan. saya sedang menyusun makalah tentang kerangka teoritis audit syariah, yang memerlukan pemikiran spt mas Noven dan rekan-rekan lain. Tolong Kirimkan ke email saya syukran. jazakalloh khoir.

Isvari Henindya A. said...

ass. wr. wb
mz noven.. saya ingin ngambil skripsi dg tema "persepsi akuntan terhadap audit syariah"

apakah mz ada jurnal" atau bahan yg berhubungan dg audit syariah nggak?? mohon bantuany ya, kalau boleh, mz bisa ngirim lewat email saya : isvari.henindya.ardiani@gmail.com

makasih : )
wass. wr.wb

Unknown said...

assalamualaikum
salam kenal mas noven,

saya mau sharing nih mas mengenai judul skripsi yang mau saya ambil dg tema audit syariah bagus nya untuk pemilihan judul audit syariah yang seperti apa ya mas? soalnya saya masih bingung perihal judul audit syariah.. tetapi saya sangat tertarik dg audit syariah.. mohon bantuannya yah mas

kirim lewat email saya aja yah mas terimakasih sebelumnya mas..

upie.rahmayanti@yahoo.co.id

wass.wr.wr

Unknown said...

assalamualaikum
salam kenal mas noven,

saya tertarik dengan pembahasan audit syariah, dan kebetulan saya juga sedang mencari judul untuk skripsi saya mengenai audit syariah..

apakah mas ada jurnal mngenai audit syariah? kalo boleh saya minta bantuannya mas perihal jurnal audit syariah :)

kirim lewat email saya aja yah mas jurnalnya terimakasih sebelumnya mas..

upierahmayanti93@gmail.com

wass.wr.wr